I made this widget at MyFlashFetish.com.

Sabtu, 08 Juni 2013

Nonton MotoGP



Kuala Lumpur, 20-22 Oktober 2012

Dari jaman sekolah dulu, gw udah demen banget nonton motoGP di tipi. Emang yang namanya nonton balapan motor itu tegangnya berasa, padahal cuma di tipi. Yang balapan siapa, yang deg-degan siapa. Ngelewatin 1 seri aja sayang banget rasanya. Apalagi kalo udah masuk seri GP indianapolis ato Laguna Seca. Bisa2 begadang. Ditambah sekarang seri perdana di Qatar, dan balapannya sendiri berlangsung malam hari. Cakep !

Sampe suatu saat gw pernah punya mimpi, kalo gw harus nonton langsung ke sirkuitnya. Dimana pun digelar. Di Motegi kah, di Sepang kah, di Qatar lah, di Amrik lah.....oh wait, yang dua terakhir ngga deh. Ampun.

Sebenernya di negeri ini juga ada sirkuit bertaraf internasional, di Sentul, Bogor. Tapi dari dulu ngga pernah masuk agenda motoGP. Kalah ama negeri seberang, di Sepang International Circuit, Malaysia. Sayang juga sih sirkuit bagus kayak sentul gitu mak masuk kalender motogp. Mungkin karena di Indonesia terkenal dengan jalan berlobang dan ranjau pakunya, jadi panitia motogp ato biasa disebut DORNA, ga mau pembalap2nya bocor ban di tengah lintasan. Tukang tambel ban ga diizinkan parkir di pinggir sirkuit juga soalnya.

Ok lanjut.

Februari 2012, abis gw balik dari singapura, gw mulai cari2 info yang jual tiket motoGP online di Sepang. Kebetulan Oktober adalah schedule sirkus balap motor ini mampir di asean. Lumayan lama jaraknya, jadi gw bisa mulai nabung2 buat ongkos. Waktu itu, 1 ringgit masih 3000 rupiah. Sekarang juga. Lah ?

Mulai cari2 harga tiket pesawat, tapi emang dasar apes, 6 bulan sebelom hari H aja harga tiket pesawat rute Jakarta – Kuala Lumpur udah selangit, dan lagi, gw ga bisa cuti lama2 buat nyari tanggal dimana harga tiket normal. Ya jadilah gw pesen ni tiket seharga 2.5x harga normal. Tapi gapapa lah, untung punya agen tiket kantor langganan yang baik hati, jadi bayarnya bisa suka2 gw. Hehehehe.

Masih H-6 bulan, mulai cari2 info pembelian tiket masuk sirkuit. Kebetulan hobi gw saat itu ngaskus, ya mulai deh cari2 di forum traveller mancanegara dan di FJB.  

Nemu trit di salah satu agan, gw mulai tanya2,

“gan, gw pengen pesen tiketnya gimana ?”
“Boleh gan ikut kita, nanti dijemput di airport di KL,”

Buset, lah boro-boro Kuala Lumpur, Bandara Soekarno Hatta aja gw belom apal banget. Tapi gapapa, karena emang udah niat dari dulu, gw coba iya-in dengan hati bersih serta niat yang suci.

“OK gan.”

Mampus gw gimana ceritanya trip sendirian gini.

---

H-1 Bulan, gw email2an ama temen kerja di kantor laen yang rencananya mo trip di tanggal yang sama.

“Cuy, gw mo nonton balap motor di KL nih oktober, mo ikut ga lu ?”
“Gw ke spore tanggal segitu, pesawat pagi,”
“sama donk, lu ke airport naek apa ?”
“dianter babeh,”
“OK sip gw nebeng,”

Sekian. Lumayan dapet tebengan gratis dari babeh. Padahal niatnya ga kesitu loh.

---

D-Day at Terminal 3 Bandara Soetta. Pagi yang dingin, ato lebih tepatnya malem di mata gw yang baru aja tidur jam 1 pagi. Saat itu jam 3 pagi, dan gw belom packing. Ketiduran. Padahal jemputan jam 4 standby di deket rumah. Jadi inget kata2 gw waktu itu,

“kalo gw ga nongol jam segitu, tinggal aja,”

Lah nyari taksi pagi2 buta gitu susahnya minta ampun, naek damri dari deket rumah adanya tiap 1 jam sekali.

Dengan mandi seadanya (yang penting basah), gw langsung buru2 packing. 

Baju ? Check.
Duit ? Check.
Canon DSLR pinjeman ? Check.
Hape ? Check.
Passport ? Check.

OK lengkap, dan mulai cabut deh ke tempat yang dijanjikan. Bukan promised land. Bukan.

Beruntung waktu gw sampe, si babeh juga sampe. Statement gw waktu itu jadi keliatan keren abis.

Di terminal 3, banyak juga orang2 pada mau ke KL. Gampang ketebak, soalnya jaketnya 1 jenis, ada tulisan 46 dimana2. Om Oci banyak juga fansnya. Gw doang yang 69 kayaknya nih, yang dukung bang Nicky.

Ngomong2 soal dukung, gw emang dari jaman si bang Nicky nongol di Motogp udah demen liat gaya balapnya. Semangatnya & kerja kerasnya buat balapan sangat inspiratif, sikapnya juga patut diacungi jempol. Jadi inget waktu di Sirkuit Assen, Belanda, waktu balapan sisa 1 lap, dan kira2 300 meter depan garis finish motornya keabisan bensin, eh aftur, dan dia terus berjuang ampe garis finish selagi motornya masih bisa jalan tanpa mesin yang menyala. Di akhir lomba, dia ngga nyalahin mekaniknya yang salah perhitungan, malah nyalahin dirinya sendiri. What a top guy. Padahal waktu itu lagi duel buat podium 3.

Ok balik lagi,

Di pesawat gw duduk di antara kakek & nenek. Bau balsemnya bikin beeeuuhh. Sempet ngobrol absurd juga sih ama si kakek yang keliatannya mo berangkat umroh.

“Mo kemana kek ?”
“Umroh dek,”
“Lah kok naek air asia ? ga garuda aja kek ?”
“pesawatnya parkir di KL,”

Ohhh...

“Emang ade mo kemana ?”
“Kuala lumpur kek, nonton balapan,”
“Oh bagus deh, semoga menang ya,”
“Lah, kek, saya mo nonton, yang balapan bukan saya,”
“disana mau belajar ya ? emang tinggal sama siapa disana ?”

OK gw nyerah.

---

Sampe KL jam setengah 10, bingung mo ngapain. Hal pertama yang gw lakuin adalah beli sim card,  dengan akses full internet. Biar tetep eksis. Hal kriminal pertama yang hampir gw lakuin di sana adalah, gw lupa bayar. Hahahaha.

“Gan dimana ? gw udah mendarat,”
“Anjir, lu terbang bro ?”

Oh, salah dialog. Begini yang bener,

“Gan dimana ? gw udah mendarat,”
“Gw lagi di gedung pemerintahan malay bro, tunggu dulu bentar. Gw jemput jam 12,”

Ok sip. Di negeri orang, sendirian, 2.5 jam. Celingak-celinguk, akhirnya nemuin McD. Makan dulu lah. Disana ga terlalu mahal untuk urusan kuliner. Dan rata2 orang malay adalah etnis india, tempat asal nasi briyani, kesukaan gw. Ya-ha ! this is what I’m lookin for.
Gw makan udah pake slow motion, biar cepet jam 12, ngunyah aja speednya -8x. Udah kelar garuk2 kepala 7x, garuk punggung 4x, tapi masih lama waktu berlalu. Sekalian deh jajal internet hape. Lancar jaya. Dan akhirnya nemu kerjaan yang bisa ngabisin waktu selain foto2.

Udah ketemu, gw dijemput pake bus. Namanya Bas Pesiaran. Bahasa kitanya sih Bus Pariwisata kali ya ? di dalem bus udah banyak temen2 laen yang ikut juga. Rata2 kaskuser.
Berhubung gw datengnya sabtu, jadi diantara semua orang, gw doang yang belom kenal satu sama lain. Untung orangnya baik2, jadi ga butuh waktu lama buat kenal mereka. Rata2 orang jawa timur & jawa tengah.
 
Dari airport, kita langsung cabut ke Sirkuit buat nonton kualifikasi. Hari itu ga terlalu rame, tapi tetep atmosfernya crowded di beberapa sektor. Dapet tiket di Grandstand Mall Area, tepat di depan paddock bang Nicky & bang Oci. Wow.

Motor Honda desible-nya tinggi banget bikin kuping sakit. Paling adem justru ducati yang tenaganya liar. Kalo liat di TV emang beda ama liat live. Kencengnya ngga becanda !

3 jam puas di sirkuit, sebelum balik ke hotel di bukit bintang, kita mampir ke Chinatown buat jajan. Pedagang di malay rata2 kocak. Seneng gw ngobrol lama ama mereka, apalagi pas nawar. 

“How much,”
“itu 20 ringgit saja,”
“Tokai, udah pucet2 gini ngomong inggris, malah ngomong melayu,”

Temen gw ada yang lebih ekstrim lagi,

“Iki piro hargane ?”
“itu 20 ringgit saja,”

Yeah, lu mo nanya pake bahasa apa juga, jawabannya sama kok. Asli ga pake google translate.

Di chinatown ini tempatnya sempit tapi rame. Mirip di cina gitu. Iyalah namanya juga chinatown. Kalo Maduratown isinya tukang sate sama besi tua. Hahahaha.

Puas disana 1 jam, dan keliling bukit bintang cari kuliner, akhirnya balik ke hotel. Jalan di bukit bintang rame sama mobil & orang, tapi ga macet. Mirip di jogja. Jangan disamain ama blok M. Parah itu mah.

Temen sekamar gw bintoro namanya. Orang jawa yang gawe di jakarta. Orangnya asik. Minjemin gw laptopnya malah. 

“gw pinjem laptop donk, hari ini everton main, mo streaming,”
“Pake aja,”

Thank God, good people always standin beside me, and the delicious briyani.

Koneksi internet di hotel lancar jaya. Jadilah gw streaming girang, walau akhirnya pertandingan berakhir seri. That’s not the point.

---

Day 2 in KL.

Hari ini race day. Banyak orang yang siap2 mo ke Sepang. Bus sewaan juga udah parkir di depan. Berangkat lah kita ke sepang.

Di Sepang, walaupun masih 4 jam lagi, udah rame aja. Apalagi pas bintang motogp udah press conference di Mall Area deket Grandstand. Deket banget jarak fans & idolanya. Kalopun gw timpuk pedrosa pake kamera, ga akan ketauan. Tapi sayang juga sih kameranya. Pinjeman orang nih.

Sesi balapan dimulai. Setelah kelas capung selesai, sesi moto2 mulai. Disini heboh banget. Pas gw cek, ternyata ada pembalap malaysia yang turun di kelas ini. Dan podium runner up pula. Buset rame banget. Doni tata mana inihhh ??

Balap motogp dimulai, cuaca udah ga bagus gini, gelap di sebelah kanan gw, cerah di kiri. Mulai warming up sampe maen, berubah jadi gerimis, dan lanjut ujan deres, sampe akhirnya banyak yang jatoh, termasuk lorenzo yang akhirnya ngamuk2 dan race dihentikan.

Yaelah jauh2 kemari, buat nonton balapan yang ga kelar. Hahahha. Tapi racenya excited banget soalnya banyak drama jatoh2an.

Kelar race setengah 7 sore, dan matahari masih kayak jam 4 sore di Jakarta. Panas. Lanjut pulang sembari mampir ke Twin Tower buat foto2.

Maap ga bisa ngasih ulasan race, karena buat apa ada pers, koran dan internet. Baca sendiri gih.

Twin tower kalo diliat dari deket tinggi banget, sampe2 kalo mau foto harus dari jauh, ato nungging2 di aspal. Opsi kedua gw lakuin.

Malam harinya keliling bukit bintang lagi, cari kuliner. Dan tentu saja, briyani.

---

Day 3

Bangun pagi males banget, hari ini pulang. Bobo sampe jam check out. Sebelum pulang, kita mampir ke toko coklat di KL, buat jajan coklat. Duit masih banyak, jadi aja gw beli buat cemilan.

Nyampe airport, jam penerbangan beda2 satu sama lain. Ada yang jam 8 malem, jam 5 sore, ato jam 12 malem.

Masih jam 3, kita ngumpul ngobrol lama di kios burger. Kayak udah kenal lama, kita becanda ketawa ketiwi ampe lupa waktu. Sebelum akhirnya say goodbye dan balik ke daerah masing2.

Satu hal yang gw suka dari travelling adalah, kadang kita suka bertemu orang2 hebat di sana yang belom pernah kita kenal sebelumnya. Great memories guys. You’re awesome.

See u next season.

[Foto menyusul, koneksi padat merayap]

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Sepatah kata