I made this widget at MyFlashFetish.com.

Selasa, 07 Desember 2010

Autism Travel [Part 2]

2005

A Journey of The Baboo's : Monumen Nasional alias MONAS.

Senin. Hari yang menurut sebagian orang membosankan. Menurut sebagian lain, senin itu hari yang terlihat seperti habis terang terbitlah gelap. Hari senin adalah waktu yang menurut gw, muncul setelah minggu dan sebelum selasa. That’s so ordinary and I’ve never felt anything was wrong on that day.

Buat pelajar kayak temen2 gw, senin mungkin merupakan tragedi, karena setelah otak istirahat 24 jam total setelah berfikir keras selama 6 hari di sekolah, baik waktu belajar, ujian dan mencontek pe-er, kita kudu nyalain starter lagi biar otaknya jalan lagi. Di hari yang sleepy itu, 7 Anggota The Baboo’s pun berencana untuk mengadakan trip. Mereka adalah Gw, Lonny, ipul, bayu, alma, shinta dan bandoy.

Siang itu bel tanda pulang sekolah berbunyi, bunyinya agak saru dengan tukang es doger. Gak tau siapa yang punya ide buat bikin bel bersuara absurd gitu. Entah pak kumis, entah hasil karya guru kesenian, Kalo didenger rasanya inget rasa kombinasi parutan kelapa di dalem tumpukan es bersirop merah.  Jajanan gw waktu masih kencing api. The Doger boy.

Saat itu kelas 3 SMA, lagi pusing2nya mau menghadapi UAS & UAN kelak. Program pendalaman materi mulai dicanangkan. Murid udah siap2 racun tikus ama baygon kalo sewaktu2 dibutuhkan. Tapi tidak untuk kita (elu aja kaleee), berhubung semboyan kita adalah bhinneka tunggal ika, maka kita lebih memilih Karbol dan Super pel sebagai persiapan apabila dibutuhkan. Berbeda merk tapi tetap mati jua.

Depresi menghadapi tekanan target nilai terendah yang dicanangkan pemerintah (dan dengan sangat gembira disetujui Pak kumis), kita pun mencari cara agar bisa tetap tenang menghadapi ujian nanti. Padahal, ini baru awal taun pelajaran di kelas 3. Kisruh tentang Ujian udah di gembar-gemborkan. Dasar SMA Plus-Plus. Sukanya heboh sendiri. Perkenalan guru2 yang ngajar di kelas 3 aja baru kemaren.

Diantara 7 makhluk ini, Cuma Gw, alma dan lonny yang masuk IPS. Alasannya jelas, Lonny Cuma punya otak sebanyak satu sendok teh, gak mungkin lah masuk IPA, bisa2 otaknya Korosi dimakan karat Cuma gara2 ngitung rumus aldehid. Alma ? jelas autis. Masuk IPA Cuma bikin dia lebih autis. Sedangkan Gw ? gw gak masuk IPA bukan karena gw bodoh, ato nilai gw gak mencukupi  buat masuk IPA, tapi karena gw sangat idiot, jadi gw gak level banget masuk IPA yang pelajarannya gampang2 gitu. Oh ya, 4 orang lagi, Shinta, Bayu, Ipul dan bandoy masuk IPA loh, dengan nilai beragam tapi memenuhi syarat. Mereka masuk IPA dengan alasan yang sangat sama, yaitu gak mau ketularan autis di IPS. Nice alibi.

Siang itu sangat panas. Tumben beda ama hari2 lainnya. Musim saljupun gak mungkin sepanas ini. Pelajaran terakhir baru aja selesai. Dan kita ber-7 ngumpul di beranda sekolah seperti biasanya. Merencanakan apa yang harus dilakukan hari ini. Kita ber-7 gak pernah ngumpul Cuma hanya untuk membahas pelajaran yang gak penting, gak sama sekali ! sumpah ! never thought in our mind. yang kita pikirkan hanya, bagaimana hari ini kita bersenang2…. Ya-ha !!!! ABG Labil was in the house cuy…..

Rencana pun diumbar. Berbagai ide dikeluarkan. Temanya : Where should we go today ?
Plan pertama : jalan2 ke rumah lonny. Kenapa kita milih rumah lonny buat plan pertama ? menurut info dari salah satu anggota the Baboo’s yang pernah minum kopi kaleng bokapnya lonny dari kulkas itu bilang, kalo kulkasnya lonny mirip refrigerator di Indomaret. Apa aja ada. Tapi, gw ama alma sadar, kalo akhir bulan, kulkas di rumahnya lonny pasti sepi. Sangat sepi. Bahkan air mineral pun malas masuk kulkas karena gak ada temennya. Kenapa gw tau ? bukan gw loh yang minum kopi bokapnya lonny. Sumpah…..gw Cuma nyampein kata2 temen gw yang gak mau disebut namanya, yang katanya, kulkasnya bakal sepi kalo akhir bulan, dan katanya juga, kopi kalengnya agak pait waktu itu.
Plan pertama dibatalkan.

Plan kedua : bagaimana kalau santai di rumah bayu ? di rumah bayu ada pohon mangga yang lumayan rindang lho. Biasanya, kita suka ngadem di bawahnya. Dan gw sering nyantai di sana. Enjoy banget kayak lagi meni pedi privat ama beruk. Tapi yang jadi ganjalan adalah, selama bersantai ria dibawah pu’un mangga itupasti bakal ada sedikit gangguan yang gak bisa ditolelir, gak ada obatnya dan bisa mematikan suasana. You know what ? Bayu nyanyi pake gitar. Suasana seperti itu mirip petir di siang bolong. Sekali jepret, orang bisa semaput. Dan kita udah sangat yakin kalau waktu santai kita akan diiringi dengan pendarahan kuping dan usus melilit. Kita pun menolak mentah2 plan kedua, demi keselamatan diri masing2 anggota.

Plan ketiga. Nonton. Aha ! ada juga ide brilian kayak gitu yang akhirnya keluar dari otak autis kita. Karena kita adalah muka gratisan abadi, dan hari ini adalah senin, you goddamn right, it’s nomat time. Kita semua setuju. Venuenya ? jelas cari yang murah. Menurut atlas 10 ribuan yang dibawa temen gw, jarak paling deket ke sebuah bioskop dari sekolah gw kira2 15 KM ke arah barat laut. Kalau naik sekoci akan makan waktu 3 hari, karena parit2 di Jakarta mampet semua. Dan lagian, ngapain kita lewat parit naek sekoci ? emang tikus got.

Sebuah gedung bioskop tua di daerah Jakarta timur. Walaupun di bioskop itu kita bakal nonton bareng tamiya (baca : tikus), tapi kita gak peduli asalkan murah. Gakpapa deh kalo lagi nonton adegan perang ada suara kursi ngek-ngok-ngek-ngok. Gedungnya emang keliatan kumuh dari luar, tapi jangan sangka kalo diliat dari dalem cuy,,,, lebih parah. Tapi gitu2, tiap nomat pasti penuh, karena yang muka gratisan bukan Cuma gw ternyata.

Udah jam 2, kita bergegas. Tapi, ada hal yang sangat tiba2 dari alma. Dia kudu nganterin adenya pulang. Adenya gak jadi main ke rumah temennya katanya. Oh ya, gw lupa, adenya alma adalah junior kita. Cewek kalem yang beda banget ama abangnya yang autis. Dia ade kakak satu sekolahan. Kenapa adenya alma disekolahin di sekolah yang sama ama alma ? usut punya usut, biar nanti ada yang nyeret alma pulang ke rumah kalo autisnya kumat di sekolahan. Alma jadi gak bisa ikut. Jarak ke rumahnya dari sekolah setara dengan luas madagaskar. Jauh banget.

Pulang satu sisa enam. Kita tetep kekeuh berangkat, karena ini demi kesenangan duniawi. No matter what happen. Kita kesana naik mini bus oranye yang biasa nyampah di Jakarta (Bukan truk sampah ya). Dengan pelayanan yang sangat VVIP, maka kita hanya menghabiskan waktu 45 menit perjalanan darat. Padahal, 15 menit cukup kalo pakai motor, dan 3 menit kalo terbang. Sekarang terungkap sudah kenapa di Jakarta banyak umur yang gak sinkron sama wajah. Kebanyakan tua di jalan.

Udah nyampe di TKP, kita buru2 ke dalem mau pesen tiket, tapi ape mau dikate, penuhnya ni bioskop sama kayak pasar grosir celana dalem bekas, rame banget. Di sana, Lonny sangat shock pas tau bahwa mantan genk alaynya ternyata punya plan yang sama dengan kita, dan ia pun berpapasan dengan mereka tanpa sepatah kata2 alay. Momen gini mirip kayak film2 horor sampah Indo. Saling papasan, tapi sama2 shock liat wajahnya. Padahal, mereka gak dandan.

Kita ragu2 buat masuk, karena selain penuh, di sana ada mantan genk alaynya lonny. Takut bakal terjadi sesuatu yang sangat alay dan jijay bajay, gw ngasih alternatif ide lain. Plan B always on. Bagaimana kalau kita ke atrium senen ? kebetulan banget, gw pingin nyari komik idaman, Yaiba. Umur boleh tua, bacaan tetep, anak SD banget. Semua setuju, sekalian mejeng kali aja dian sastro mampir ke atrium dan naksir para cowok diskonan.

Pertanyaannya, naek apa yang kalo nyampe sono gak kesorean ? kita udah bosen ama kotak ajaib warna oranye yang pelayanannya super VVIP. Bisa magrib baru sampe. Kebetulan  bioskop yang kita datengin deket stasiun kereta, jadilah kita pada anak2 ilang ini naik kereta listrik kelas eksekutif yang tiketnya 1.500. dan pucuk dicinta, kereta pun tiba. Berengkeeeet…….

Sampe di stasiun senen yang wanginya sangat urinisme, Penuh bau ammonia yang dihasilkan dari lancarnya zat yang berasal dari saluran kandung kemih langsung ke tempat2 favorit para supir dan pedagang di sana. Paling bau ada di belakang patung. Gw gak tau tu patung apaan. Kenapa gw tau ? karena daya endus gw setara sedot WC. Kenceng.

Di depan atrium senen, gw baru sadar kalo shinta dan lonny gak pake jaket. Cuma seragam osis kucel yang dengan riang menempel di badan, padahal, gw, bayu, ipul dan bandoy udah make kaos oblong dari waktu di sekolah tadi. Aduh, gw bingung, mereka bingung, satpam bingung, SBY bingung. Untungnya gw ama bandoy bawa jaket, dan langsung minjemin ke mereka dengan tarif 5 juta per menit.

Satpam mol emang gak bisa dikibulin. Udah tutupan jaket gitu, mereka berdua masih gak diijinin masuk. Apa sebab ? roknya abu2, sepatunya kayak bocah SD baru sekolah 2 hari. Ngejreng banget. oh my God. Masa kudu gw pinjemin juga boxer buluknya ipul buat gantiin rok abu2 ntu ? emang diantara 6 orang ini, 2 cewek ini paling ribet kalo maen. Kagak pernah bawa baju ganti. Kalopun bawa, ganti bajunya 2 jam. Keburu magrib baru kelar dandan. apalagi shinta aslinya dari pulau komodo, gak pernah dandan.

Kita diusir dengan sukses. Plan A gagal, dan Plan B pun ikut gagal. Sepertinya, kita emang gak ditakdirkan untuk membuat rencana2 yang sukses. Tom cruise gak pernah berkata, “kalo plan A & B gagal, kan masih ada Plan C cuy…”. maka kita pun meeting dadakan di depan mol tempat kita diusir tadi. Satpamnya curiga,mungkin, kita disangka mau ngeledakin mol ini pake pipinya lonny yang full of solid methane gara2 gak diijinin masuk. Kita pun diusir lagi. Kali ini, Pissed off you six fuckin’ nuts !

Diusir 2x ? gak masalah. Bruce willis gak pernah bilang, “kalo diusir 2x ama satpam mol, jangan nyerah, masih ada yang ke-3….”. tapi, kita mikir, takut pengusiran yang ke-3 bakal dilakuin trantib, bukan satpam. Jadi kita mending kabuur. Pertanyaannya, apakah Plan C itu ?


“monas kan deket, kita jalan aja yuk kesana, tuh puncaknya aja keliatan dari sini, Cuma 2x belok nyampe koq”,  kali ini, ipul punya ide.

 Yup. I got that. Sekilas, rencana ini mirip kayak hembusan angin harapan untuk bisa kabur dikala sudah pasrah terkepung banci perempatan untuk diajak adu panco. Kita setuju, tanpa tau maksud kata2nya ipul. Perjalanan bersejarah pun dimulai dengan langkah tegap. Kita semua yang tadinya putus harapan diusir sana-sini, sekarang sudah bisa kembali berjalan dengan riang gembira. But, I’ve had a bad feeling. Perasaan gw gak enak.

2 belokan, 3, 4, bahkan 12 belokan sudah kita lewati, tapi koq dari tadi, kita Cuma liat ujung monas ya ? what’s wrong with my face ? apa kita salah jalan ? ngga. Rute kita udah bener koq. Mendaki gunung lewati lembah. Sungai mengalir indah, ke samudra, Bersama teman, bertualang.

“pul, lu yakin 2 belokan ? ini udah belokan ke 13. Gila, udah jauh gini koq masih ujung monasnya doang yang keliatan ?”, lonny ketus nanyain. Kayaknya pipinya mulai parises gara2 jalan jauh.

Gw diem aja, soalnya emang gw gak ngerti & gak apal jalan2 di jakarte. Maklum, orang dusun.

“lah emang dari tadi lu pada belok Cuma 2x kan ? kiri ama kanan ? emang lu belok kemana aja ampe 13x gitu ? tuh di depan 2x lagi nyampe koq….” jawabnya santai. Mukanya innocence abis.

Setan. Kita baru ngeh maksudnya 2x belok.

Setengah jam jalan, dengan kaki parises, kita nyampe juga. Monumen yang tinggi menjulang itu namanya Monas. Monumen yang di puncaknya mirip es krim conello, tinggal taburin kacang mede, jilat deh tuh monas. Lokasinya di Jakarta pusat, sebelah St. Gambir. Bagi yang bingung, ikuti petunjuk ajaib yang dijelasin si ipul. Cuma 2x belok dijamin nyampe. Dari manapun lokasi anda. Belok kanan dan belok kiri. What a great navigator.

Gw bingung kalo suatu saat, si ipul ngelamar jadi navigatornya Sebastien Loeb buat mengarungi kejuaraan reli dunia.

“Mr. Ipul, how many turns remaining until we meet the finish line ?” loeb Tanya ke navigator barunya,
“Chill out man, it’s easy, you may turn left or right whatever you like, then we cross the finish line after that.” Navigator baru ngasih penjelasan yang sangat simple, lugu dan imut-imut.

Mobilnya Loeb pun nyemplung ke kubangan kebo.


OK, mulai ngawur. Back to Monas.

Udah nyampe di depan monas, kita bingung, akhirnya kita capcipcup belang-belang si ucup. Diantara 2 pilihan. Plan A : Naik ke atas ngeliat view jakarte nan sumpek ini, atau Plan B : mengarungi bawah tanah menghayati sejarah masa lampau ? tanpa piker panjang, kita pun milih foto2 di bawah pohon depan pintu gerbang monas. Plan C was back in business. bayu dengan gaya narsisnya berkuasa. berbagai gaya autis diperagakan. mirip iklan tori cheese crackers. ngangkang teruuusss......


monumen kebanggaan jakarte

Emang dasar norak, baru liat monas sekali seumur idup kayaknya, gak lama abis foto2 dan ngadem bi dawah pohon, kita ber-6 langsung lari dulu2an ampe lift. Emangnya si lift mau kemana ampe dikejar2 gitu ? usut punya usut, saat itu kita tertarik buat liat view jakarte dari atas monas.

Udah sampe atas, pemandangan bagus banget. Tempatnya sempit, orangnya banyak. Ditemani angin sepoy-sepoy, awan mendung dan kilatan gledek yang eksotis, kayaknya suasana begitu cocok banget buat internetan pake modem yang katanya cepet banget, di puncak monas pula. Ato nelpon yayang sambil minum kopi tubruk. Beuuuh, kesamber dijamin kering.

Gw coba pake teropong, liatin pemandangan kota Jakarta yang sumpek ini dari atas. Kota ini bener2 kota berpolusi tinggi. Ngeker gambir aja jelas banget buremnya. Asep kendaraan udah nguasain Jakarta. Penduduknya terinfeksi semua. Jakarta terisolasi dari kota2 lain. Efeknya ? kumisnya foke jadi mutan kayak film X-Men gara2 kebanyakan ngehirup asep knalpot.

Tapi saat itu sangat disayangkan. Cuaca mendung plus sapaan hangat dari gledek yang surround sound-nya ngalahin sound sistem manapun, kita jadi gak berani lama2 di atas. FYI aja, waktu itu, salah seorang dari kita punya penyerap petir permanen yang nantinya sumber energi yang diserap itu bisa dikonversi menjadi tenaga listrik, demi kelangsungan hidup umat manusia. Ya you know lah siapa. Udah gw jelasin di cerita sebelumnya. Jadi biarpun geledeknya diserap, tetep aja nakutin.

Setelah puas di atas. Ganti ke bawah. Bawah tanahnya monas luas juga. Di tepi2 dindingnya, banyak miniatur2 kecil tentang Indonesia di masa lampau. Banyak banget. Bagus2 pula. Di sana, kita berasa ada dalam sejarah perjuangan Indonesia membebaskan diri dari nenek moyangnya van nistelrooy. Siapa yang tau kalo mungkin aja dalam sejarah dulu kakeknya Johnny Heitinga naksir juga ama neneknya Michelle branch. Ato kakeknya van bronkhoorst TTM-an ama neneknya Van Persie di tanah jajahannya. Who knows ?

Hati gw berasa pilu kalo liat patung2 kecil yang berdiri membeku, seolah nunjukin ke gw dan kawan2 kalo perjuangan dulu terasa sangat berat. Sedangkan kita harusnya bersyukur, bisa jalan2 seliweran gini, kemana2 bebas tanpa kerja rodi, gak ada kesewenangan ato politik adu domba. Sabung ayam sih banyak. Togel apalagi. Dari sini gw mikir, bagaimana cara menghargai mereka yang udah gugur untuk memperjuangkan bangsa demi anak cucunya. Apakah hormat bendera tiap pagi di sekolah ? ntar disangka di setrap gara2 gak pake celana di kelas. Atau bawa bambu runcing dan dasi pramuka diikat ke kepala, trus jalan ke mol ? ah, gak lagi2 deh, gw kan udah sembuh. Gw coba mulai dengan gak buang sampah sembarangan aja kalo gitu. Mungkin gak seberapa berartinya, tapi lebih baik daripada ngga.

Menurut gw, sebaiknya guru2 sejarah rajin bawa murid2nya ke monas buat ngerasain suasananya, liat2 miniatur tentang bagaimana suasana Indonesia tempoe doloe, daripada cerita sejarah ampe mulut berbusa, kayak pernah ada di sana waktu jaman penjajahan aja. Nonton film dokumentasi kayak pearl harbor ato band of brothers juga bagus. Apalagi di salah satu adegan yang “perang banget”. Diantara banyak miniatur, gw tertarik ngeliat miniature yang lokasinya di ujung dalem museum bawah tanahnya monas, hati gw tersentuh. waktu itu gw liat salah satu miniatur yang menggambarkan orang pribumi disiksa penjajah di hadapan orang banyak. That ain’t cool to see. So sad.

1 jam puas liat2 suasana jaman 1945, kita mendokumentasikan perjalanan bersejarah kita yang gak direncanakan dengan background es krim monas. Capek sih udah pasti, tapi narsis tetep, biarpun gaya masih autis.

Gak lama, kita pun pulang. Sepanjang perjalanan pulang, Gw ngerasa bersyukur atas semuanya. Bersyukur akan hidup gw sekarang yang tenang, bebas dari penyiksaan dan penindasan. Gw bersyukur karena hari itu bioskop penuh,  gw bersyukur hari itu di usir satpam, karena tanpa itu semua, gw gak bisa nyaksiin pemandangan yang mungkin bikin gw akhirnya ngerti makna hidup, makna merdeka, dan bagaimana cara para orang tua kita mendapatkannya dulu.

Pul, elu navigator hebat. Udah bawa gw dan kawan2 ke tempat yang bener buat refreshing.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Sepatah kata