I made this widget at MyFlashFetish.com.

Sabtu, 27 November 2010

Autism travel

2006
A Journey of The Baboo’s : curug Cilember.

Pagi itu cerah. Secerah gigi gw yang baru digosok bake brasso. Hari ini adalah hari yang sangat ditunggu2 oleh sekelompok anak autis, The Baboo’s. apa pasal ? usut punya usut, kita punya rencana hebat yang baru saja tercetus kemarin, jalan2 ke ciawi, Bogor. Mengarungi lebatnya curug cilember. Udah lama kita sering ngumpul bareng, kongkow bareng, jalan2 bareng, ngerjain pe-er bareng2 (di kelas), tidur mandi pipis belajar bareng, rasanya kurang sreng kalo belom tur bareng. Bak gayung bersambut, dan gusi berambut, semua setuju. Lalu kita rencanain autism travel ini ke daerah yang bisa didaki, karena gak ada yang mau ke laut. Padahal, mereka bisa aja manjat badan gw, karena badan gw penuh daki.
Alasan utama kita milih curug cilember, karena salah satu temen gw katanya sih punya villa di sana. Emang dasar pada muka gratisan, gak butuh waktu lama, mereka pun setuju dengan sendirinya.
Rencana penginapan sudah sangat OK. Sekarang akomodasi. Ada yang ngasih ide, bagaimana kalo ada yang bawa mobil ? lah bujug, KTP aja belon punya, suruh bawa mobil. Dengan penuh pertimbangan, akhirnya gak jadi. Masa depan masih panjang, dan kita gak mau sia2kan dengan ugal2an di jalan. Bagaimana kalau ngeteng ? begitu kata salah satu bocah yang ikut. Mereka akhirnya setuju dengan penuh perdebatan kusir. Alasannya sangat2 keren, kita mau jadi petualang sejati, mirip Dora Peppy the explorer lah kalo jaman sekarang.

Penginapan dan akomodasi wis rampung. Tinggal pesertanya. Kita sengaja gak ngajak 1 kelas, karena selain nanti bakal misah geng2an, puluhan orang lebih susah diatur ketimbang ratusan bebek. Makanya kita putuskan, kalo ini travel Cuma buat The Baboo’s.
Akhirnya, 17 anak autis setuju.
Keesokan harinya, mereka pun ngumpul jam 7 di titik yang sudah ditentukan. Di koordinat 6°12'3"S   106°56'59"E (cari dah tuh di peta). Hari sangat cerah, 15 anak sudah berkumpul, walaupun penyakit nelen karet-nya masih sering kambuh, tapi kita tetep konsisten. Planningnya, 5 cewek dan 12 cowok yang ikut dalam rombongan ini. Sungguh sangat gak berimbang. Tapi berhubung semua autis, gak masalah.
Gw ngerasa, bakal berat tanggung jawab bawa2 cewek jalan jauh.
Oh ya, Kemana 2 orang lagi ? kita udah gusar. Hari udah semakin siang, dan gw udah keliatan terbakar. Tuh bocah dua masih belon dateng juga. Kagak ngabarin pula. Akhirnya, temen gw nelpon. Gak lama, kita dapet kabar kalo mereka gak bisa ikut. Alasannya simple, rista kesiangan dan shinta gak diijinin emak.
Buat emaknya shinta : Bersyukurlah, ibu telah menyelamatkan anak ibu dari pergaulan sekumpulan alien lepas.

Sekumpulan alien lepas
Kita siap2 berangkat tanpa 2 orang yang beruntung itu. Dari sini, gw udah curiga, soalnya ada yang nyeletuk,
“Kita naek apa ?”.
Semua bengong. Bingung mau naek apa. Begini nih kalo planning ama aktual jaraknya Cuma seumur kucing kawin. Gak jelas. Dengan PDnya, akhirnya nia jawab,
“Kita naek angkot aja ampe terminal bekasi. Trus lanjutin deh naek laju utama ke bogor.”
Yups, that’s so simple. We’ve got no choice. Then we moved on. Carter angkot dengan nego sadis. Angkot yang tak beruntung itu pun bersedia nganterin kita ke terminal dengan iming2an hadiah, sikil bakal buka resleting celana di depan abangnya. Privat ! kucing juga pasti mati kalo liat burungnya sikil yang cuma seukuran bibit lele. Temen gw satu ini emang unik, karena nama aslinya Irfan, tapi dipanggil sikil. Entah dari mana asal panggilannya. Mungkin keluarganya bakal demo ke istana Negara kalo tau anaknya dipanggil kayak gitu.
Terminal sudah di depan mata. Kondisinya sangat ramai, kitapun berjalan berdesak2an dengan penumpang lain di sana. Segera jalan menuju bus yang sebentar lagi mau berangkat, Di sini nasib na’as menimpa sohib absurd gw, Alma. Saat semua udah di dalem bus, anak2 pada liatin tas alma yang kebuka.
“ma, tas lu kebuka.” Kata lonny.
Awalnya dia ngga sadar, tapi, waktu dia mau ambil dompet buat patungan tiket, Sontak aja dia panik, soalnya di dalem sisi tas yang kebuka itu, yang harusnya isinya dompet ama sikat gigi, Cuma ada sikatnya doang. Dia dicopet cuy. Gw heran ngapa dompet yang berharga malah disatuin ama sikat gigi ? satu tempat pula. Dan yang unik, copet Cuma ngambil dompetnya, padahal yang nongol sikat gigi. Ya iyalah, Gw juga kalo jadi copet gak mau dah ngambil sikat gigi yang udah berkarat gitu.
Tampangnya sangar, tapi waktu pas kecopetan, dia panik dot kom. Akhirnya, dia memutuskan, saat itu juga dia mau pulang. Duitnya udah abis dirampok. Dia gak mau nyusahin kita katanya. Kita yang udah mau hepi2 disana, Jelas aja kita nolak, karena diantara 15 anak autis yang ikut, dia yang paling sarap. Makanya kita gak mau momen ini jadi hambar. Kalo kata undangan ultah bocah, tiada kesan tanpa kehadiranmu.
Akhirnya, semua berhasil meyakinkan dia buat ikut. Semua keperluan hidupnya selama di bogor bakal ditanggung ama Negara. Begitu kata kita. Dia akhirnya mau dengan terpaksa.
Perjalanan ke bogor terasa singkat, karena jaraknya yang dekat. Setibanya di terminal bogor, kira2 jam 3 sore, cuaca agak dingin, dengan sedikit rintikan hujan, kita pun langsung mencari warung padang. Mau bungkus buat di penginapan. Kira2 15 menit kita sampai ke Ciawi, tempat tujuan kita nginep. Tapi rumahnya masih jauh. Kudu nanjak cuy. Dengan jiwa petualang sejati, kita pun berjalan dengan gagah. Tapi apa mau dikata, umur boleh muda, tapi paru2 Cuma seukuran botol kecap, semua kecapean. Ngos2an. Padahal, baru 5 menit. Aihhhh cape deh……
Diantara sisa2 tenaga, kita sempetin buat foto2 dulu. Emang dasar makhluk narsis, mau capek ato ngga, kalo udah liat kamera pasti pasang gaya. Maklum, mantan model gagal semua. Area persawahan menjadi objek tepat buat melampiaskan bakal model gagal kita.

anda capek ? foto obatnya
Jam setengah 4 sore, sampailah kita ke sebuah rumah sederhana. Kira2 500 meter dari sawah tempat kita berfoto. Semua heran, karena villa yang dibilang nia beda jauh ama angan2 anak2 lain. Yang kita liat hanya sebuah rumah biasa, ukuran mungkin 4x10 M dengan gaya sunda. Makanya, jangan ketinggian kalo ngarep. Udah gratis, protes pula. Yang penting, selama gw tidur bisa ngimpi indah, berarti tuh tempat sangat enak. Dan kenyataannya, gw tidur selalu pules.
10 menit kita sampai, setelah taro barang2 gak guna, semua kelaperan. Nasi padang yang tadi dibeli pun siap2 kita santap. Entah sial ato apa, nasi padang yang gw ambil, daun singkongnya basi cuy, dan ternyata, punyanya sikil juga…padahal belon ada dua jam belinya. Tuh warung nyediain makanan dari jaman apa ya ? berhubung laper, santap saja lah. Mules belakangan.
Kita bermalam disana. Ternyata penduduk sana ramah2. Kita yang baru aja nyampe langsung di sambut pak er-te dengan makanan sepiring. Kalo di hotel2 mirip welcome drink, tapi ini makanan. Dua orang diminta ke rumah pak er-te, buat ngambil makanan lagi, jelas gak ada yang mau, tengsin. Akhirnya setelah pakai undian, kitapun langsung mengutus hengki dan alma. Sepulangnya, mereka girang bukan main. Semua heran. Mau tau alesannya ?
“Anaknya pak er-te cakep. Kembar pula. Pas buat gw berdua alma. Lu-lu pada nyesel dah gak kesana….” begitu kata hengki.
Dan gw sadar, pak er-te gak mungkin ngorbanin masa depan dua bocah kembarnya Cuma buat anak2 gak jelas kayak kita.
Malem itu ujan. Tau sendiri lah, di pedalaman kalo malem2 ujan suasananya kayak gimana. Gak ada tipi, hape pun pada lobet, sebagian main kartu, sebagian ngegosip. Anak cewek udah pada tidur di kamar. Anak2 cowok yang tadinya misah2 tidurnya, jadi ngumpul gara2 ada yang cerita horror dengan backsound gledek yang menyambar2. Mirip film2 horor. Alesannya sama. You know lah……wong belakang rumah kuburan. Eko ranting belagak nyoba2 cerita horror sembari siap2 tidur, entah bagaimana cara dia nyeritain tuh misteri, eh malah dia sendiri yang takut.
Malam itu ujan belum berhenti.
***
Pagi hari, cuaca cerah, semua siap2 mandi, mau ngelancong ke curug cilember. Entah ini kutukan tadi malem yang pada sok2an cerita horror, air di kamar mandi mati ! jadi aja semua bingung, mandi dimana……gak jauh dari sana, ada sumur tua. Jadilah semua bersih2 disana. Kayaknya gak ada yang mandi, soalnya sumurnya terbuka. Whatever lah, yang penting gak malu2in. lagipula, siapa yang mau ngintip para kontestan bina-rangka ini lagi mandi ?
Mulai capcus ke curug, kita rencananya ngeteng lagi. Sebelum perjalanan bersejarah dimulai, biasa, kita narsis lagi dan lokasinya ? damn right, sawah. Ya elah.
Perjalanan menuju curug dimulai dengan carter angkot lagi. Dan lagi2, sikil harus rela lepas resleting untuk dapet harga murah. Angkot 1 untuk 15 orang ? buat kita gak masalah soalnya badannya tipis2 semua, kecuali tata. Sepanjang perjalanan, angkot jadi mirip kotak sound sistem, berisik banget.
Sampe di deket curug, cuaca mulai mendung2 genit. angkot udah gak kuat nanjak, padahal, pintu masuk masih jauh. Kasian ama abangnya yang udah pucet ngeliat angkot barunya bakal jadi rongsok gara2 mesinnya ngambek, kita pun mutusin buat jalan kaki. Tapi gak ada ruginya juga sih, bisa sekalian diet. Sepanjang perjalanan ke atas, kita selalu singgah di warung2 kecil buat ngabisin bakwan. Maklum, energi kita abis buat nanjak, jadi, satu biji bakwan nilainya sama kayak bensin pertamax plus-plus 3 liter buat motor. Apalagi ditambah cabe.
Dan kita pun berpose lagi.
Di sana, curug ada banyak tingkatan. Gw gak tau ampe berapa, tapi yang pasti tinggi banget. Kita mulai nyoba mendaki.
Tingkatan pertama sampai ketiga, masih ramai. Mungkin masih termasuk kawasan wisata kemping kali ya. Soalnya masih banyak warung nge-jogrog disana. Ngerasa gengsi Cuma naik tiga tingkat, kita nyoba ke tingkatan yang ke empat. (Jadi kayak game super Mario ya ? bedanya, kalo kita ini super marmut, soalnya banyak banget orangnya).
Sampe di tingkatan keempat, kita nemu air terjun. Disana sepi gak ada orang. Suara yang ada Cuma suara binatang liar plus air terjun yang menderu kencang. Saking kencengnya, Kalau kita kentut juga gak akan kedengeran, kecuali aromanya yang sudah pasti bakal berpetualang dari hidung ke hidung.
Kayaknya ini bukan tempat wisata kemping, karena bentuknya mirip hutan liar. Berhubung ni bocah2 cuman punya paru2 seukuran botol kecap, akhirnya kita mutusin buat stay disini wae. Gak mau ke atas lagi. Ngeliat air terjun mengalir dengan indah, semua langsung pada buka baju, ups, yang cowok doang ya, cewek ngga. Semua mirip anak cebong yang baru ketemu air, aktif kesana kemari sambil berendem. Gw, alma dan eko yang kalo buka baju bentuk badannya menyerupai ranting pohon pun ikut nyebur juga. Buset dingin cuy. Jadilah tubuh kering gw yang dulunya juara Bina-rangka, gemeteran alias menggigil.
Dan kitapun (lagi-lagi) berpose.

para binaraga gagal
Puas main air berjam2, hari sudah sore, kita udahan. Semua basah. Berhubung kita gak mikir dulu sebelum nyebur, bingunglah kita, masa mau basah2an naek angkot. Kita gak ada yang bawa ganti ! what a stupid fucking people……akhirnya, yasutralah, terlanjur basah.
Anak cewek duluan keluar dari air terjun, disusul yang laen. Di air terjun tinggal gw, sikil, daeng ama boy. Si boy bawa CD ganti, jadinya dia ganti celana dulu. Nah abis ntu dia bingung, mau dibawa pake apa ni celana dalem basah. Gak ada yang punya kantong plastik cadangan pula. Tanpa banyak mikir, dia buang tuh celana dalam basah ke air terjun.
 “salam kenal dari gw” begitu kata boy buat air terjun. Sambil ngelambay2 alay.
Damn, gw gak bisa bayangin orang yang lagi mandi di air terjun tingkat ketiga bukannya mandi air seger, malah kejatohan celana dalem berlumut dari atas.
***
Menuruni curug ternyata lebih mudah ketimbang mendakinya. Gak butuh waktu lama, kita semua udah sampai bawah. Suasana masih ramai dipadati pengunjung. Kita semua kehabisan air minum, karena kecapean waktu daki tadi, semua kerongkongan udah berubah fungsi jadi sedot tinja. Minum berbotol2 pun gak berasa. Seperti biasa, tanpa pikir panjang, bandoy, ipul ama sikil langsung isi botol pake air aliran dari curug. Gw pikir dia beli air minum, pas semua udah minum, dia baru bilang kalo ini air sungai. Damn ! Katanya, air murni dari pegunugan sehat loh, tapi, kalau aja dia liat perbuatannya boy ngelempar celana dalem ke air terjun, gw yakin pasti gak jadi minum. Apa rasanya air gunung yang udah tercemar celana dalem, laler aja mati kalo nyamperin.
Pulangnya, kita nggak nyarter angkot, karena gak ada yang mau dicarter. Mungkin abang2 angkot yang tadi cerita ke pasukannya, kalo ada segerombolan anak autis coba2 bikin angkot barunya turun mesin. Makanya kita di black list. Padahal gak usah di list aja gw udah black.
Kitapun dibagi dua kelompok. Masing2 kelompok jaraknya jauh2an, biar gak ketauan kalo kita adalah black list mereka. Di sini, keberuntungan menyelimuti para cowok binal. Hengki yang emang matanya jeli kalo liat cewek cakep, tau aja kalo ada satu angkot ngetem isinya Cuma seonggok cewek seumuran kita.
“woi, sini aja, ceweknya cakep !!!”, dia teriak2 kayak orang gila.
Denger yang dibahas ama hengki adalah seorang wanita sendirian di angkot, para cowok pun langsung nyerbu ke angkot. Sial bagi iwan, bayu dan ipul yang udah keburu naik angkot laen. Wakwakwak……sabar banyak manfaatnya cuy….
Tuh cewek emang cakepnya luar biasa, khas bogor ini teh. Kalo dibayangin lagi, mungkin mirip2 asmirandah jaman sekarang. Pokoke, wow ! tapi, dulu asmirandah belon terkenal, jadi kita miripin ama tessy aja ya.
Di dalam angkot, tuh cewek ngerasa resah, mirip seekor cupang diantara kawanan piranha. Mungkin dalam hati, tuh cewek baca ayat kursi kali ya ? hengki yang ada di sebelahnya langsung pasang aksi. Gak pake basa-basi, langsung aja jurus playboy ayan dilancarkan, yang laen cuman nonton. Malu ama kelakuan temen. Sepanjang perjalanan, mungkin aja hari itu adalah hari terburuk dalam sejarah cewek itu, sampai ditandain di kalender, kenalan dengan sekelompok alien & predator lepas. Gw mau cari blognya ah, sampah tau dia curhat ke situ, kalo dia depresi.
Namanya irma. Lahir bogor 30 agustus 1989. Nomor hape : 0856***2124. Buset gw apal banget……maklum, ingatan gw setajam silit silet. Kalo gak percaya, coba cek sensus kota bogor.
Sampe di penginapan udah mulai sore, semua belon pada mandi. Air masih mati. Sempet kepikiran mandi di rumah pak er-te, tapi daripada nanti diusir gara2 hengki berulah kayak di angkot, niat itu dibatalkan sepihak oleh para cewek.
Si Nia, yang emang orang situ bilang, kalo gak jauh dari rumah ada sungai kecil. Dan lagi2, tanpa mikir panjang, para cowok langsung bergegas mandi di sungai. Yang cewek ? ya di rumah pak er-te. Sungainya kecil, lebih mirip got kalo di Jakarta. Pas banget, kita jadi kayak tikus curut yang hobinya mainan di got. Di sungai, otak jahilnya agung langsung on. Ngeliat temen2nya bugil, langsung aja dia ngeluarin kamera biadabnya. Satu persatu dipotret. Kita yang udah mirip bidadari dari kayangan gak nyadar, kalo apa yang kita lagi lakuin sedang didokumentasikan penjahat, Si agung.

Hari udah malem, kita siap2 tidur biar besok tinggal pulang. Dan si agung masih menyimpan foto2 absurd itu. Kita semua capek, lalu tertidur nyenyak.
Malam itu hujan turun lagi.
***
Pagi hari yang cerah, kita semua siap2 pulang. Biasa, sebelum pulang, kita main2 dulu di sumur. Gw ama alma yang udah duluan, langsung nyari view yang bagus buat ngelampiasin penyakit banci foto kita. Sayang udah jauh2, kagak bikin foto keren. Kebon singkong pun dipilih. Menurut kita berdua, pemandangan kebon singkong jauh lebih indah ketimbang view pegunungan. Dan kita pun ganti2an pose. Jiiiah………

Si Boy abis melampiaskan nafsu
Siang hari kita sampai di Jakarta lagi. ngeteng bus. Dan semua keliatan capek. Momen indah baru aja kita buat. Dan kebersamaan kita makin erat. Walaupun kita sekelompok makhluk absurd.

Berpose di kebon singkong ? jelas keren

Irma ? jelas dia sangat bahagia sekarang, mengetahui kota bogor sudah aman dari alien dan predator lepas. Tapi, kisah belasan anak absurd dengan bidadari dari bogor itu masih berlanjut.

3 komentar:

  1. leoo,,, apa maksud lo cm gw yg ga kerempeng??
    gw tuh langsing.. hahhahaa
    nice story :)

    nb: makasih ga membahas sepatu balet gw hehehehe...

    BalasHapus
  2. sebuah kisah klasik jaman SMA ... hahahha ...lucu juga bcanya ...
    nice story ....
    klo kata bondan "kenaglah sahabat kita untuk slamnya "

    BalasHapus
  3. ah sial gw lupa ama sepatu balet lu ta.....kapan2 gw bahas lebih dalem lagi deh, terutama tentang kurus-lu itu...wakwakwak

    bay, poto ganti napa, kucing gw langsung sembelit liat penampakannya. kurang mirip ama robet patinsong.

    BalasHapus

Sepatah kata