I made this widget at MyFlashFetish.com.

Selasa, 28 Desember 2010

Autism Travel [Part 4] : Chapter 1

Desember 2010
A Journey of The Bhatanks : Yogyakarta

[Chapter 1]
Hari yang ditunggu2 di penghujung 2010 akhirnya tiba. I’m gonna go to My Papa’s land, Holiday Trip di akhir tahun. Setelah sukses taun lalu nyasar ke bumiayu dimana panorama alamnya sungguh bikin takjub. Saking takjubnya, mulut dan kuku bisa berubah jadi ungu,,,,, Taun ini gw ama anggota the Bhatanks codename Moskie coba buat plan lebih jauh : Kota tua yang penuh kehangatan, kaya akan budaya & sejarah. Yogyakarta.
Satu taun berak-tifitas di kantor bikin gw ngerasa, kalo ternyata liburan itu adalah anugrah yang nilainya setara bonus taunan (hehehe). Dan Alhamdulillah, gw mendapatkannya keduanya. Selama setaun selalu jadi manusia kelas ekonomi, akhir taun kita nyoba jadi turis gagal kelas eksekutif. Sebenernya gw udah sempet kemari bulan Januari akhir. Waktu rekrut karyawan ke Jogja ama wonogiri. Tapi, ini liburan, man,,,,,no working sh*t inside that.
Awalnya, plan gw waktu itu mau ngajak semua anak2 the Bhatanks yang kebetulan udah pada sibuk jadi kuli kantor. Plan yang udah disusun dari awal Januari 2010 ini dapet banyak peminat. Semuanya mau. Semua setuju. Alasannya sama, kita butuh penyegaran. Rencana buat tabungan sendiri2 selama setaun udah diusung. Tapi, bulan berganti bulan, hari berganti hari dan gigi gw korosi dimakan rayap, akhirnya satu persatu mundur. Batal karena alasan2 yang sangat klasik. Hal kayak gini udah pernah kejadian waktu kita tur ke kota tua di Jakarta Kota 2 taun lalu. Yang berapi-api belasan orang, pas hari H Cuma dateng 3 ekor. Sekarang, Tinggal gw berdua ama anggota the Bhatanks codename Moskie yang masih bertahan. Kita konsisten dengan plan semula. Mengarungi Jogja nan eksotis.
Merapi dikala erupsi

Hal yang gak disangka mulai muncul awal Oktober 2010, saat merapi mulai meningkat aktivitasnya dari hari ke hari. kita sempet kaget, karena liburan kita bakal terancam gagal. Plan B pun langsung dibuat. Antisipasi batalnya plan Utama. Dengan berbagai pertimbangan, Semarang dipilih. Alasannya simpel. Disana kita bakal dapet pemandu tur gratisan, sodaranya Moskie. Namanya juga turis gagal, kalo kemana2 pasti gw yakin nyasar. Jadi pertimbangan adanya guide gratisan pun kita setujui. Plan B udah sempurna dengan semua rencananya. Plan utama pun sempurna, tinggal nunggu kabar apakah merapi mulai mereda atau sebaliknya.
Makin hari, ternyata aktivitas Merapi makin dahsyat. Letusan terjadi berulang kali. Jogja dan sekitarnya jadi mirip kota mati. Semua ketutup abu. All whites, man ! Semua objek wisata juga kena imbasnya. Borobudur ketutup abu vulkanik sampai akhirnya ditutup sementara untuk pembersihan. Plan utama jadi makin kacau. Plan B mulai hitung mundur, muka gw mulai nge-blur.
***
Awal Desember 2010, 3 minggu sebelum hari H, Merapi udah ngga lagi erupsi dalam skala besar. Tapi tetep menyisakan pemandangan pilu. Walau gitu, plan yang tadinya hampir gagal mulai dirancang kembali dari awal. Objek wisata udah mulai dibuka lagi walaupun sebagian masih dipugar. Rencana liburan ke Jogja udah mulai menunjukan detak2 kehidupan lagi. Tugas langsung dibagi2. Gw nyari hotel, moskie nyari tiket buat transport. Cuma awalnya, gw sempet bingung soalnya hotel disana pada penuh. Jadi kita tukeran job. Gw nyari tiket, moskie nyari hotel.
Seminggu sebelum capcus, gw prepare tiket kereta. Taksaka Malam jadi pilihan. Biar sampai sana pagi ato siang dan langsung cek in di hotel. Hari sabtu gw ke stasiun senen panas2. Antrian tiketnya sih ngga separah Piala AFF 2010, tapi apes, semua tiket kereta eksekutif ke jogja ludes dari tanggal 22 ampe 26. Gak ada sisa untuk kelas argo dan sejenisnya. Sebenernya ada tiket kelas bisnis, Cuma gw kapok. Gak ada bedanya ama ekonomi. Emang apes kalo liburan bareng liburan anak sekolah. Semua mudik, tujuannya sama. Tapi, berhubung gw lulusan akademi CIA, plan ke-2 gw usung dengan imut : bus eksekutif yang bisa selonjoran.
Gw ama Moskie emang boros dalam urusan tinggi badan. Awalnya kita ragu buat naek bus, karena bus di Indonesia sangat diskriminasi buat orang jangkung kayak kita, demi mengejar keuntungan semata, semua seat dibuat rapet. Jangankan selonjoran, ngelipet kaki waktu duduk aja repotnya kayak bocah sunat 2x.
Keinginan kuat kita buat liburan ngalahin itu semua. Kita rela duduk ngelipet 13 jam demi liburan. Tiket bus dapet. Akhirnya ada Bus yang tau keinginan kita. Bus Raya yang isinya satu bis Cuma 24 seat. Masalahnya, bus ini bukan tujuan jogja, tapi solo. Tapi that’s fine demi selonjoran. Cukup luas buat nungging di bus. Kita dapet bangku belakang. Seat 23 & 24. Tapi posisinya di depan toilet. Udah 2 kali gw liburan harus berangkat dengan seat di depan toilet. Setaun sebelumnya, waktu liburan ke Bumiayu, gw harus rela naik kereta bisnis di depan toilet. Buset baunya gak kalah ama bantar gebang. Sangiiiiit. Entah apa yang dimakan orang2 satu gerbong sampe toiletnya menderita gitu.
Untuk penginapan, gw sempet bingung karena hotel dari mulai yang kelas 1 ampe hotel yang model kontrakan penuh semua. Setelah browsing sana sini, nanya mbah gugel dengan wejangan Rp. 3.000 buat kompensasi biaya nge-net, akhirnya moskie dapet penginapan yang pas di kantong. Rencana kita nginep 2 hari, dari tanggal 25 dan cek out 27. Ya-Ha !! posisinya di jalan Letjend Maryono. Sebuah hotel kecil tapi nyaman. Sekilas, kita keliatan kayak 2 maho nyasar, liburan berdua, nginep di hotel 1 kamar. Tapi hal itu kita tepis dengan memesan kamar yang jarak tempat tidurnya 50 meter. Tapi masih satu kamar. Bingung ? sama.
Borobudur I'm coming

24 Desember 2010, jam 4 sore, kita mulai mengarungi jogja.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Sepatah kata