I made this widget at MyFlashFetish.com.

Selasa, 28 Desember 2010

Autism Travel [Part 4] : Chapter 2

25 Desember 2010
Day 1 : Keraton Yogyakarta & Hangatnya malam di Tugu.

[Chapter 2] 
24 desember 2010. Dimulai dengan perjalanan dari Pulogadung. Saat itu jam 3 sore, masih satu jam sebelum bus lepas landas, Terbang mengorbit di galaksi Andromeda, dan mencari planet untuk ditinggali. Gw dan Moskie dengan segala persiapannya udah stand by di depan pul bus dengan sangat ontime. Ngerasa masih lama, kita pun jajan dulu ke PTC yang kebetulan ada di depan mata. Beli jajanan buat ngemil di bus.

Jam 4 sore, bus berangkat mengarungi jalanan pulau jawa sampai akhirnya jam 5 pagi kita sampai di terminal solo. Dengan mata masih sembab gara2 tidur ayam di bus sepanjang malem, kita langsung meneruskan perjalanan ke Jogja dengan tipu muslihat calo terminal. Pemandangan kota solo yang bersih dan segar di pagi hari amat menakjubkan. Saat melewati daerah klaten, Puncak Merapi keliatan jelas banget. Sampai bekas belahan tempat lava pijar keluar pun terpampang sangat jelas. Sayang hape gw kumat, mati dari semalem. Momen indah gitu gak sempet gw abadikan.

Sampai di terminal Giwangan masih jam 7 pagi. Lalu lintas sepi, udara masih sejuk. Kita coba jalan kaki sampai nemu halte trans jogja di wilayah itu. Awalnya kita bingung ngikutin peta yang dibawa si Moskie. Kenapa jalanannya beda antara di peta dan aktual. Kayaknya yang dibawa si Moskie itu peta jaman Majapahit. Lama muter2, kira2 5 km jalan, akhirnya kita nemu juga halte trans jogja yang sederhana tapi rapih. Halte-nya masih sepi. Di jogja, halte2 pemberhentian bus trans jogja ukurannya kecil2 tapi bersih, gak kayak di Jakarta yang lebar tapi bau. Untuk urusan pelayanan, gw kagum banget ama kota ini. Petugasnya Cuma satu, rakyatnya tertib kalo antri beli tiket. Gak ada fasilitas yang cacat ato keliatan rusak. Semuanya masih bagus. Informasi yang dikasih petugasnya pun jelas. Dan paling utama, mereka selalu tersenyum. Beda ama sekuriti koridor transjakarta yang kampungan dan kagak lulus mata pelajaran moral dan etika. Di Jogja, semua serba teratur, rapih dan seimbang. Two thumbs dah buat Jogjakarta. My papa’s Land. Gw heran kenapa Bekasi yang dapet Adipura 2010. Kota blangsak penuh banci dan jalanan bolong segede bak mandi gajah begitu bisa2nya dapet penghargaan itu.


sampe di terminal belom mandi

Emang dasar anak Bekasi tulen, si Moskie dengan muka polos masuk halte lewat pintu keluar masuk penumpang bus yang ada di tengah, bukannya lewat loket yang ada di sebelah kiri. Gw yang jalan di belakangnya Cuma bisa cekikikan. Petugas halte yang tadinya santai baca Koran jadi kaget. Mungkin dalam pikirannya, bakal ada pembajakan halte oleh 2 maho. Apa enaknya bajak halte ?

“anak bekasi ya mas ? gak pernah naik bus di halte ?”, kata gw ngakak.
“gw Cuma mau buat perubahan di Jogja,” jawab moskie enteng.

Di halte, kita gak perlu nunggu lama, kira2 2 menitan, bus muncul, dan kitapun mulai perjalanan ke daerah dekat kraton tempat kita bakal nginep. Turun di halte Malioboro, kita coba jalan kaki lagi. Suasana masih sepi, kayaknya karena hari itu hari Natal. Kita mau coba2 kayak backpacker sejati, tapi baru jalan setengah kilo, idung kita udah kembang kempis. Capek.

Halte Kecil nan indah

Setengah jam jalan, muter2 nyari alamat yang dituju, akhirnya kita sampe ke tempat kita nginep.

“emang bisa cek in pagi2 gini pik ? setau gw biasanya abis jam 12 baru bisa,” gw ragu.
“ya kalo belom bisa titip tas aja, berat ni bawa2 tas gede gini,” Moskie berkilah.

Ternyata bener aja. Tamu yang nginep di kamar tempat gw sewa belom cek out. Jadinya kita titip tas dulu sambil nyari sarapan. Jalan kaki muter2 jogja bikin nafsu makan kita 2x lebih ganas. Sasaran kita adalah sebuah rumah kecil yang jual macam2 makanan.

ini dia Jalan Letjend Haryono, tempat bubur cinta mangkal

“Mba, bubur ayam 1. Yo, lu mau apa ?” moskie nanya gw.
“Yah elah lu pik, jauh2 ke jogja mesen bubur, kagak ada khasnya itu mah.…yang khas jogja donk”, kata gw sotoy.
“Masnya mau pesen apa ?”, kata mba2 bubur ayam.
“Nasi goreng satu,” jawab gw mantap.

Akhirnya kita makan dengan lahap. Oh ya, untuk info buat bujang2 lapuk yang lagi nyari daun muda, Mba2 yang jual bubur itu absolutely cakep banget. Padat berisi dan memiliki sesuatu yang besar (apanya ?). gw ama moskie menamakan lokasinya bubur cinta, kalo suatu saat mau makan di situ lagi.

“yo makan di bubur cinta lagi yuk ntar….”, kata moskie ketagihan waktu kita udah selesai.


***

Jam 10 siang, masih 4 jam lagi nunggu tamunya cek out.  Perjalanan kita mulai dari halte di depan bubur cinta menuju stasiun tugu, pesen tiket kereta buat pulang. Naik trans jogja yang seharga bubur ayam, kita pun berangkat. Suhu disana panas terik saat itu, bikin gw jadi item gosong. Di tugu, antrian udah banyak, banyak yang mau berwisata keluar jogja di musim liburan ini dan sekedar menghindar sejauh mungkin dari godaan dua coker (cowok keren) yang terdampar di jogja. Setengah jam antri, kita dapet kereta argo dwipangga jurusan solo – Jakarta seharga teh botol 300 biji.

Selesai beli tiket pulang, Kita nyoba mengarungi keraton yang udah mulai rame pengunjung. Dengan tiket masuk keraton seharga 2000 dollar, kita langsung beli dan mulai masuk ke halaman keraton. Sungguh pemandangan menakjubkan melihat keraton dari dekat. Rasanya kayak lagi ada di jaman sultan Hamengkubuwono dari generasi ke generasi. Sungguh klasik tapi penuh nilai sejarah. Gw kadang ngerasa takjub ama masyarakat jogja yang sangat2 patuh ama semua kata sang sultan. Mungkin karena itu jogja terlihat sangat rapih dan teratur.

muter2 di keraton belom mandi

2 jam puas di keraton, kita coba ke wisata taman sari yang lokasinya dibelakang keraton. Wisata Taman sari itu adalah kolam tempat mandinya para raja2 dulu. Bagus banget, gak kalah ama tempat Spa ato Jacuzzi jaman sekarang. Tapi sebelum mengarungi tempat itu, kita wisata kuliner lagi. Kali ini korbannya ada di belakang keraton.

“yo, laper gw, makan dulu yuk,lu mau makan apa ? gw mau bakso bakwan nih…” kata moskie sambil nunjuk rumah makan di belakang keraton.
“yah jauh2 ke jogja makan bakso, sana ke wonogiri kalo mau bakso…” kata gw sotoy lagi.
“trus lu makan apa ? gw bakso kuah aja ah,” katanya ngidam.
“Gw mie ayam,” jawab gw mantab.

Puas makan dan mengarungi keraton & sekitarnya, gak terasa waktu udah menunjukan pukul 2 siang. Time to check in. kita kembali ke hotel tadi, dan ternyata kamarnya udah siap. Kita istirahat siang di hotel, soalnya kaki udah mulai pegel2. Gw pun terlelap.

***

Jam 7 malem kita mulai beraksi lagi, kali ini, kita mau wisata kuliner untuk yang ketiga kalinya di hari ini. Lokasinya rumah makan lesehan di depan sarkem, ah sarkem…….jadi gak bisa mingkem. 5 menit dengan trans jogja (dengan tiket seharga bubur ayam) kita pun sampe TKP.

Disana, kita kedatangan bintang tamu. Temen SMP-nya Moskie yang masih berdomisili di kota ini buat kuliah.
dewi-dewi makan lesehan

Menu yang kita santap banyak. Moskie yang emang predator semenjak dia menginjakkan kakinya di tanah jogja, memesan menu porsi 2 orang. Bebek goreng dan burung dara utuh. Gw agak heran ama burung daranya, udah mati gitu masih aja gaya. Pose-nya mirip model bintang lux yang kecebur minyak panas. So hot.

Gw sendiri cuma mesen pecel ayam lengkap dengan sambel dan lalapan mirip kambing. Temennya Moskie yang dateng belakangan mesen menu yang sama ama gw.

“Mas pesen pecel ayam 1 ya, yang kering gorengnya,” kata temennya moskie.
“Siap boss….” Kata abang2nya semangat.

Dalam hitungan 10 detik, hidangan semua muncul. Dan semuanya masih panas. Mungkin seumur hidup gw, ini adalah tempat makan dengan penyajian tercepat di dunia. Temennya moskie belom sempet duduk abis mesen ke depan, tapi makanan udah siap. Sungguh fenomenal. Kita bertiga makan lahap, sambil membicarakan rencana besok, trip ke Borobudur.

Makan malam pertama kita bertiga ditemani hujan yang turun dengan lembut di kota Jogja yang hangat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Sepatah kata