I made this widget at MyFlashFetish.com.

Selasa, 23 November 2010

Ada apa dengan SMA PLUS ?

2003-2006
 When I was a member of putih-abu2


Taun 2004, taun pertama gw di SMA. as you know, gw menimba ilmu saat SMA di kota yang hobinya macet. ibukota kita tercinta ini. Sekolah gw tergolong mewah, karena posisinya sangat mepet sawah.
Berlokasi di daerah pinggiran sungai cincau, sungai yang isinya limbah ijo, Ni sekolah sebenernya agak jadul waktu gw baru masuk, baik di bangunan maupun isinya, mulai dari gedung yang tinggal menunggu waktu buat roboh dihembus kentut naga, sampe guru2nya yang mayoritas bertampang 1945, tapi setelah revolusi kepsek berkumis yang mirip juragan sate madura dengan ciri khasnya yaitu segala sesuatu yang diucapkan harus diawali dengan “Pokoke”, di taun 2005, itu waktu gw masih anget2nya kelas 2, gedung sekolah disulap jadi tingkat 3, ngga dengan bantuan limbad, karena dia belom terkenal. Warnanya jijay bajay, ijo2 kue lepet, dengan desain dari kontraktor yang sama dengan SMA-SMA Unggulan di Jakarta yang gedungnya ijo dan sering dipake syuting sinetron alay.
Gedung bagus otomatis reputasi meningkat, maka harga diri pun makin dijunjung tinggi oleh guru2. Dengan visi & misi yang awalnya Cuma membuat ni sekolah menjadi idaman erte sebelah, sekarang bakal disulap menjadi idaman se-ibukota. Maka diusunglah visi yang menurut gw buju buset yang ujung2nya nyusahin murid, Membuat sekolah ini menjadi SMA PLUS dengan cara yang gak PLUS.
Awalnya gw bingung, kenapa SMA yang bagus kayak gini mau dijadiin panti pijat & sarang jablay ? tapi setelah dijelaskan oleh seorang teman, ternyata SMA PLUS itu beda sama SMA PLUS-PLUS.
Semua kurikulum udah berbasis kompetensi, dan tiada hari tanpa tugas. Maka sudah jelas efeknya, murid bukannya keliatan pinter, malah makin jadi sablengnya. Anak2 makin gerah dengan maraknya propaganda PLUS-PLUS, sehingga gak heran setiap pidato upacara, yang ada cuman sorakan peserta upacara. Capek nih kuping. Tiap hari dicekokin propaganda plus. Paling jijik jelas  waktu upacara, setiap Pembina upacara pidato, yang pertama kali dibahas adalah tentang “SMA Kita yang PLUS”. Visi & misi yang berlebihan ke-alay2-an itu, di mata gw jelas keliatan norak,,,kalau sampai dibahas di setiap upacara. bahkan kalo benderanya bisa ngomong, dia mungkin bakal turun lagi abis dikibarin. Sampai hal yang menurut gw tambah konyol lagi, Buku raport sampe ada tulisan “SMA PLUS” juga. Subhanallah…..
Oke sekarang gw mulai cerita aja karir gw, daripada kesel sama kus plus,
Gw masuk dengan normal di taun 2003 dengan status murid cablak dan nilai UAN yang kalo bisa diduitin, Cuma seharga permen sugus. Nilai gw gak jelek2 amat sih, rata2 7.5, Cuma karena dari jaman kakak gw yang dulunya sekolah disini juga, pernah bilang kalo emang pendaftarnya banyak, jadi pake sistem klasemen, jelas aja NEM gw yang di hari pertama urutan 61 dunia, anjlok 10 peringkat di hari penutupan. Etdah gak penting banget ya…..awalnya, gw ragu buat masuk ni sekolah, Karena nilai gw udah bisa buat masuk sekolahannya amy lee, tapi gw batalin karena beda er-te.
Kelas 1 dimulai, gw dapet di kelas bontot, 1-7. Di kelas ini, gw bertemu dengan makhluk2 setengah dewa yang memiliki berbagai keanehan. Mulai dari yang hobi tidur di kelas, sampe ketua kelas yang kalo diliat, wujudnya abstrak. Suatu saat gw bakal ceritain tentang kelas ini. Gw suka kelas ini, karena mayoritas mengusung kebersamaan di dalam belajar. Mulai dari cabut bersama, nyontek bersama sampai buat marah guru bersama-sama ! tapi yang aneh, siswi cewek tidak ada yang mau ke toilet bersama. Yang unik dari sini, hamper semua oknum pria disini memiliki tahi lalat di sekitaran wajah. Ada yang di idung, di jidat, di kuping sampe tahi lalat menutupi seluruh muka (eh itu mah emang dia item ya ?) makanya, sama kelas sebelah disebut, kelas kecap. Setan !
Masuk ke taun kedua, ini taun terbaik gw di SMA, Cuma ada yang bikin gw jadi gak nyaman di taun ini, karena sekolah kita dijadwalkan renovasi total oleh pak kumis. Jadilah gw sekolah numpang di SMP orang selama 1 semester. Dengan kerja kebut deadline, akhirnya gedung baru sekolah gw jadi dalam waktu 6 bulan…..reot gak ya ? rasa malu dan jaim jelas udah mandek di hati para siswa, karena, tiap hari diledekin ama SMA sebelah. Sekolah bagus koq numpang ? gw cuek aja selama bisa jajan batagor di kantin mereka.
Disini taun ini, di kelas ini, gw nemuin temen2 yang awesome. Namanya The Baboo’s. Isinya gak elit, Cuma belasan anak autis yang butuh perhatian tetangga. Hal2 konyol, banyak gw jumpai selama gabung dengan para pesakitan ini. Setelah ini akan ada sekmen khusus buat ngupas ke-autis-an mereka. Disini gw ngerasa hidup sebagai siswa yang haus akan prestasi. Terutama dalam hal mengejek orang.

3 anak autis calon presiden Madagaskar

Ditaun inilah propaganda Plus-plus yang tadi gw bilang dimulai. Semua mata pelajaran diberi target nilai minimum. Buat gw, hal kecil kayak gini gak jadi soal, karena dengan target awal aja gak pernah kecapai, apalagi dengan target baru. Lebih tinggi pula. You better kill me.
Semua propaganda ini selalu dimulai dengan hal2 konyol, dari pidato PLUS-PLUS, sampe semua attribut sekolah dibuat dengan sisipan logo dan angka sekolah. Ya elah………….ampe sepatu aja ada logonya, jelas aja gak mungkin gw pake jalan2 ke mol, daripada ditangkep satpam. Entah kenapa gw benci banget ama semua propaganda konyol itu, sampai akhirnya gw dapet fakta dari berbagai sumber, kalo ternyata SMA gw saat itu cuma Pendamping SMA PLUS. Buseeeeeeeeet, baru kali ini gw nemuin guru2 yang getol banget nyebutin status yang belom didapet. Ini mah sama aja kayak ngaku udah mandi tapi daki masih menempel dengan indah di badan. Kudu dibersihin dulu om pake amplas.
Oke back to topic,
Lulus dari kelas 2, hidup gw diantara 2 pilihan, IPA dan IPS, karena nilai2 gw gak pantas untuk IPA, dan terlalu ganteng untuk IPS, Akhirnya dengan jurus andalan capcipcup pantat ayam kembang kuncup, gw pilihlah IPS, karena disana ngumpul para ahli teori dunia. Tapi cuma teori, gak pernah praktek. Pernah temen gw berteori, kalo autan + obat mata + alkohol dicampur, pasti mabok kalo diminum. Ya iyalah, nenek2 salto juga tau kalo alkohol diminum bikin teler gak perlu ditambahin autan ama obat mata. Gak sekalian aja ditambah panadol sama bawang merah, biar gurih.
Di kelas ini, gw kayak orang sesat, karena isinya lebih parah dari anak2 autis di kelas 2, pasukan plus-plus yang hobinya tukar guling 3gp kalo gak ada guru, jual beli jawaban ulangan, dan banyak lagi keanehan lainnya. Di taun ini, muncul geng Ababil (ABG labil) yang hobinya belagak jadi polisi sekolah. Nama gengnya anak WC. Entah para personilnya hobi boker ato emang muka mereka cuma sekelas kloset duduk.  Selama 3 taun, udah banyak kasus yang dilakuin, dan kalo udah ketauan, Cuma bisa melas. Niat jadi polisi sekolah, malah jadi buruan guru BP. Pernah mereka panik dot kom waktu polisi mampir ke sekolah, bocah2 ababil yang pada nyimpen ganja di dompetnya pada kebakaran bulu ketek. Malah ada dompet isi ganja & putaw yang dititipin ke gw. Jelas aja gw semprot tuh si ababil.

Gw cinta SMA gw, karena gw tumbuh disana, tapi, kekonyolan dari sistem pendidikannya yang buat gw jadi sedikit males kalo nginget. Overall, gw bahagia di sana.

2 komentar:

Sepatah kata