I made this widget at MyFlashFetish.com.

Sabtu, 27 November 2010

What the hell should I've become

Mei 2006
When the destiny has suddenly changed

Masa2 keemasan gw di SMA udah abis. itu artinya, gw udah semakin tua aja. Udah mulai fokus buat nyari2 ayam kampus. bulan januari sampai mei adalah bulan2 yang sibuk buat guru BP (bukan Bambang Pamungkas ya).  Kalau diibaratkan, awal taun adalah waktunya sibuk buat para pelaku pesugihan yang hobi  nyari wangsit di ruang BP, dan guru BP seharusnya pasang tarif atas.

Masa keemasan anak2 autis

Setiap hari udah pasti bakal disatronin siswanya, yang mayoritas datang untuk sekedar sharing, universitas mana yang kiranya cocok sama tanggal lahir saya, apakah saya cocok kuliah di air ? atau apa kampus saya cocok sama weton si doi,, apakah ki joko bodo IQnya jongkok ? ato salto ? apakah jidat dedi kobuset seterang lampu Phillips ? atau tukul seganteng tom cruise ?. Pokoke banyak pertanyaan2 aneh, gak penting dan ajaib yang ditanyain ke guru BP. Jadi, makin diliat-liat, guru BP kayaknya bisa ngerangkap infotainment dan usaha perdukunan lokal.
Kadang, ada juga yang sekedar sharing kalo pacarnya mulai menunjukan tanda2 kegilaan karena 90% universitas menolak mentah2 saat dia daftar, karena raportnya warna-warni.  Atau ada juga yang sekedar nagih utang pulsa ke guru BP yang kelupaan bayar. wow,,,
Di bulan2 tersebut, kantor BP mirip dengan Pulau di film the beach-nya Leonardo. Seperti surga untuk disinggahi.The most wanted place lah pokoke, dengan jumlah pengunjung lebih banyak ketimbang rumah bordir majalengka.
Waktu itu, gw juga termasuk salah satu pasien pesakitan yang sedang bingung, mirip anoa yang kehilangan rombongan. Mau dibawa kemana ijazah gw setelah lulus ? Sempat kepikiran untuk buka usaha. tapi, dengan duit yang cuman ada di sela2 dompet, kayaknya cuma bisa bisnis penitipan sendal. ato paling banter, bisnis ternak cupang. Mau gw kawin silang ama marmut temen gw.
Gw bingung sebingung2nya orang bingung. Sempet konsultasi ama emak gw, dan emak gw sependapat sama guru BP, gw kudu kuliah. karena kuliah itu penting, sama pentingnya kayak Bilas cucian saat abis direndem, cebok setelah e-e,  makan setelah lapar (berhenti setelah kentut), atau mirip koreng sama laler, bagian yang tak terpisahkan dari kehidupan. Dan masih banyak perumpamaan lain yang lebih jorok.
Gw berkata dalam hati, "bagaimana selanjutnya ?", usus gw pun menjawab, "buat apa ada guru BP ? samperin lah...". Maka gw pun nyatronin bu BP yang lagi asik dandan. Padahal, usia udah ABG 17 taun jalan gocap.
Disana, gw keluarkan semua unek2 gw tentang seberapa bimbang gw milih dian sastro atau amy lee buat ngedampingin hidup gw, dan jawaban guru BP : "mending kamu pilih universitas xxx". lah ? gw curhat apa, jawabnya apa.
universitas xxx yang disarankan sama guru BP gw bukan universitasnya ashlynn broke ato miyabi loh, tapi universitas swasta di jakarta yang mahasiswanya lebih banyak daripada bulu idung gw. Guru BP gw awalnya nyaranin gw buat ikut UMPTN di banyak kampus negeri di Indonesia. Apa aja dah, mau jurusannya sastra mesin kek, jurusan peternakan kek, jurusan perjudian kek, pokoke ikut. Nentuin jurusan mah belakangan, yang penting masuk dulu.  Jelas aja gw nolak. Karena gw kuliah buat belajar, bukan buat banggain2 almamater. Gw lebih bangga pake jas ujan kalo ujan, ketimbang pake almamater buat nutupin kepala waktu ujan. Gw juga gak pernah suka sama universitas negeri. Karena mayoritas, sistem pendidikannya kolot. Begitu yang gw baca. Jadi, orang2 udah belajar windows 7, dia mah masih Dbase aja terus ampe sinetron sepanjang masa, cinta fitri season 1-6,  tamat 4x.  Gw juga bingung ama temen2 gw, karena pada milih kampus berdasarkan merk kampus, gak peduli nanti dapetnya di fakultas peternakan tapir jantan. Gengsi jelas no.1 bro, nomor 2 SBY-JK.
Gw jadi mantep ama tuh universitas xxx saran guru BP, setelah banyak pertimbangan dan peluang yang dijabarkan oleh mereka para the master. Jelasinnya sangat meyakinkan gw, cara jelasinnya mirip racun ikan gembung, tetradoxin, yang racunnya mematikan syaraf tubuh gw secara perlahan. Dalam kasus ini, mereka berhasil ngeracunin gw dengan sukses sampai gw lemas tak berdaya.
Setelah berhasil ngeracunin gw ama tuh kampus pilihan, gw mulai cari2 inpoh, nyarinya juga gak jauh2, kakak gw ! ya, kakak gw. Gw lupa kalo dia lagi kuliah di kampus itu. Pertamanya sih dia nolak, karena, kalo gw sampe kuliah di kampus itu, cap GW NGEFANS KAKAK GW makin jadi. dan itu sama memalukannya kayak pamer gigi tapi nempel cabe.
For your info. dari SD, tempat belajar gw selalu sama ama kakak gw. Ulang tahun bareng, SD bareng, SMP bareng, SMA bareng, alesannya, kata emak gw, biar gw gak dimakan beruang, ada yang jagain. Emang gw kuliah di kutub ! duh, masa kuliah masih bareng juga ? reputasi gw di depan dian sastro bisa anjlok nih. tapi, berhubung gw gak mau pilihan laen, masa bodo ama cap itu. Satu2nya yang gw takut cuma kalo gw di cap "anggota trio macan".
Saat itu kemarau di bulan Mei. Cuaca super panas. Dan kulit gw mulai terlihat arsirannya. Gw nyoba nyatronin kampusnya kakak gw, dianterin pula ama kakak gw. mirip anak SD yang ngerengek minta liat monas. Untungnya gw gak ngalungin tempat air minum gambar betmen jongkok saat itu. Makin mirip anak SD.
Ternyata oh ternyata, salah satu member the baboo's, Shinta, juga tertarik ama tuh kampus sejuta umat. Jadilah kita bertiga ke sana. naik kereta listrik dengan tarif yang kelas VIP Rp. 1.500,- sampailah kita ke kawasan sejuta kampus, Depok. Suasana kota ini agak tandus panas kering dan gatel. Kata2 yang terakhir itu bukan karena daerah itu banyak sampah, tapi gw lupa sabunan waktu mandi tadi. But it doesn't matter anymore setelah gw diem2 pake parfum emak gw. Oh come on man, baunya sangit.
Abis panjang lebar muter2in gedung kampus, serasa mahasiswa gitu, gw pun ke bagian pendaftaran, minta brosur. Gw pikir, brosur kampus swasta itu lebih formal dan rapih, ternyata ada aja kampus yang bikin brosur mirip ama yang nawarin kredit tipi 1x bayar. Terlalu ngejreng untuk ukuran universitas. Tapi hati gw udah makin mantap mau kuliah di situ.
Puas jadi mahasiswa gadungan, niatnya waktu itu udah mau pulang, tapi karena kakak gw bilang mau tetep stay di kampus, katanya ada urusan anak kuliahan (ah palingan nguber2 dosen buat skripsi….) yaudin gw berdua balik naek kereta listrik VIP yang harga tiketnya Rp. 1.500,-.
Pulang dengan hati riang gembira, karena gw udah mikirin macem2.  Gw kuliah bakal keren banget nih, jauh, naek kereta, pake MP3, kaos oblong ama tas slempang…..beuuuh, calon ganteng mendadak nih….
Gara2 kebanyakan mikir macem2, gw malah bingung stasiunnya dimana. Akhirnya dengan jiwa Sherlock, gw telusurin aja jalan berangkat tadi. Untung otak gw selevel OS tercanggih di dunia, DOS Prompt.
Di stasiun, waktu itu ada peraturan FIFA yang baru. Untuk mencegah banyaknya penumpang yang gak bayar kalo naek kereta, maka tiap2 stasiun sekarang ada pemeriksaan tiket di pintu keluar. Bahkan di pintu toilet sampe ada tulisan : kencing Rp 1.000, Boker Rp. 2.000. Kenapa boker 2000 ? karena sekalian kencing. Tapi yang paling penting, kenapa gw bahas ?
OK back to topic,,,
Mulai taun itu, udah diterapkan kebijakan yang dibuat ama empunya kereta.  Stasiun harus diperketat pengawasannya terhadap pelanggan muka gratisan. Jangan celana aja pada diketatin. Dikira kereta punya bapaknya kali pada naek gak pernah bayar. Bahkan, sampe2 di pager stasiun yang bolong, tempat para gratiser (muka gratisan) ngendap2 keluar stasiun juga ditungguin. Niat banget.
Nah ini yang gw lupa. Kesalahan fatal gw ada di sekmen ini, Gw kan tau kalo si shinta itu baru di impor dari pulau komodo, gak ada kereta di sana.  gw lupa bilang, kalo tiketnya disimpen kalo abis diperiksa pak kumis di dalem gerbong. Karena ke-amnesia-an gw, jadinya berakibat fatal, tuh tiket mengalami nasib na’as di dalem gerbong. Lama gw ajak ngobrol sepanjang perjalanan, dia ngerespon, tapi tangannya sembari melintir2 tiket, dikucek2, dirobek2 dikit2 ampe tinggal seukuran upil. Kalo di psikologi emang ada pelajaran yang mempelajari kebiasaan unik kayak gitu. Kayak gw contohnya, kalo berdiri nungguin orang, pasti goyang-goyang muter2in tas kanan-kiri. Mirip sapi ayan. Nah shinta juga gitu. Lama kagak matahin kayu buat dijadiin kayu bakar di pulau komodo, dia malah ngerobek2 tiket.
Bener aja, pas gw udah nyampe peron, gw tanyain tiketnya. Dan dengan simplenya dia jawab, “yah, udah gw robek…hehehe”. Fuckin Great, sekarang bakal berurusan dengan bocah magang di stasiun yang lagaknya udah kayak karyawan permanen. Ni bocah sok2 galak gitu, dia jadi kayak lagi nginterogasi maling ayam, kenapa naek kereta gak pake tiket, ngancem pake undang2 apalan, jelas aja malah gw maki2, udah jujur dibilang bo’ong, padahal sisa2 serpihan tiket masih dibawa. Eh gw di suruh keluar. Sak karepmu wae lah.
Setengah jam urusan ama bocah magang stasiun (tau ngambil bocah dari mana tuh kepala stasiun), akhirnya gw berencana pulang naek angkot. Nah disinilah takdir gw berkata lain. Ngeliat spanduk kecil kampus swasta yang ngiklan di pinggir jalan, gw tertarik buat ngeliat ke kampus ntu, coz gw liat alamatnya, ternyata cuma 200 meteran dari stasiun.
Bingung nyari kampusnya, kita keliaran di tempat itu kayak orang ilang. Alamat yang dituju udah gw satronin, tapi yang ada cuman mol, ruko dan parkiran. Dimana kampusnya ? usut punya usut, gedung ruko biru nyempil yang tadi gw lewat itu ternyata kampusnya. Gw pikir loket pembayaran telepon, cuy ! ragu2 masuk ke dalem, akhirnya gw masuk juga.  Setengah jam gw di dalem, pikiran gw berubah. Mirip ABG labil yang abis kena hipnotis di mol, bingung. Nyampe rumah, segeralah gw laporan ama emak, kalo gw mau kuliahnya gak jadi di universitas xxx itu, tapi mending di loket Telkom kampus biru itu. karena selain ilmunya mengikuti perkembangan zaman, prospek di masa depan lebih menjanjikan (begitu sih kata spanduknya). Shinta juga berpikiran sama, mau masuk situ bareng.

Tapi, takdir berkata lain buat dia, PMDK yang dia ajukan ke sekolah, ternyata berhasil, dan dia pun kuliah di tempat Homo Soloensis dulu pernah ngetop, kota solo.
Akhirnya jadi anak kampus di Belanda


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Sepatah kata