I made this widget at MyFlashFetish.com.

Minggu, 21 November 2010

Belajar Kelompok = Kerjasama


1999-2000

Balada Belajar Bersama

Tahun 1999, tahun ke 5 gw bersama SD tercinta. Saat itu mungkin gak berasa buat gw dan temen2 laen kalo ternyata kita ngabisin waktu sia-sia di SD hanya untuk malakin temen buat jajan es buah, beli makaroni yang dari jauh malah mirip paku goreng, lidi2an (sori gus..) sama main game boy yang kalo waktunya abis langsung ditarik ama abangnya.

Let me try to remember..............

Taun ke-5 bikin kita makin dekat dengan taun ke 6 (ya iyalah !), it means, we should past the exam ! ngerasa senior, dan bermuka makin boros. Mengingat kita yang sekolahnya serabutan, tim delapan pun buat rencana untuk bikin kelompok belajar yang tujuannya (mungkin) untuk belajar bersama. sebuah gagasan mulia untuk level anak bebek kayak kita (sebelum gw paham maksud sebenarnya....damn !)

Gak lama setelah taun ajaran ke-5 dimulai, kita mulai nentuin jadwal. Jadwal pun dibuat secara aklamasi sesuai dengan apa yang kita pelajari dari buku PPKn. Hasilnya sudah bisa ditebak, cuma gw yang milih belajar kelompok di tempat iqbal, alesannya deket sekolah. Sisanya kongkalikong kingkong buat diselenggarakan di rumah gw. Alasannya, biar bisa sarapan gratis. dasar anak2 kecil yang licik, mentang2 emak gw hobi buat sarapan.

Akhirnya, setelah gw protes dengan ganteng, maka ditentukan jadwal baru :

 Jadwal hasil bertapa tim delapan

Jadwal ini dibuat karena diantara 8 orang, 5 orang ini rumahnya paling dekat sekolah. jadi, rencananya kita belajar kelompok dari jam 7 pagi sekalian sekolah. padahal, sekolahnya jam 12.30. Dan seiring waktu berjalan, gw baru menyadari kalo jadwalnya malah jadi kayak gini :

Jadwal berubah jadi biadab


Lagi2 gw protes. gw yang saat itu menjadi pria berhati mulia bilang, "kasian emak gw nyiapin sarapan tiap hari buat elu2 pada yang modal iler ama buku kosong ke rumah gw, gw aja kadang2 sarapannya".

Akhirnya, setelah mendengarkan penjelasan penuh muslihat dari dariyanto, akhirnya gw paham, selain sarapan gratis, mereka milih karena rumah gw sebelah lapangan. ya, lapangan ! tempat yang jadi favorit kita kalo ketemu. makan di lapangan, mandi di lapangan, belajar di lapangan, sampai buang air pun di wc. Dan begonya, gw setuju.

Lalu kita pun buat perencanaannya :
Belajarnya cuma 5 menit ?

Sesaat, ide dari si agus ini terlihat jenius. Kita mengkombinasikan antara olahraga otak, perut dan fisik. seperti pepatah, 4 sehat 5 sempurna. Tapi setelah dipikir2 lagi, koq kayaknya ganjil ya ? jelas aja ganjil, waktu belajarnya cuma 5 menit ! dan herannya, gak ada yang protes. Gw cuma berfikir, sakarepmu ndewe lah...aing mah manut wae. Ini anak pada kalo udah gede mau jadi apa ya ?

Hari pertama belajar bersama. Hariyadi dengan tas-nya datang pertama, sebelum jam 7, lalu disusul yang lain. Gw udah yakin, mereka datang dengan modal lambung kosong doang. Jadilah kita sarapan bareng. Cuma, sarapan kita jadi gak berkelas akibat bau2an yang gak asing lagi dari para bocah umur nanggung ini. ILER...zat cair mematikan disaat tidur dan berubah menjadi gas sangit yang memiliki kadar toksin setara bantar gebang. Semua dari mereka ternyata gak pada mandi sebelum berangkat. Great ! rumah gw bakalan berubah fungsi jadi pemandian anak bebek.

Setelah sarapan selesai, kita berolahraga ringan kayak lari pagi, angkat pulpen, monyong2in muka, tinju buku dan salto dari tingkat dua rumah gw (gak denk...). diantara semua olahraga itu, kayaknya lari pagi doang yang berguna, itu juga cuma ngelilingin rumah.

Kita masuk ke chapter 3, belajar. Satu kata ini sudah jelas membuat emak dari anak2 bebek ini bakal terharu kalo denger. Bahkan bisa nangis bombay. Dari sini, gw yang lugu pun akhirnya ngerti apa maksud kata2 kerjasama. Kita kebetulan dikasih banyak pe-er sama guru tercinta. Gw coba diskusi ama yang laen, mereka langsung ngabur. Si Iqbal malah bilang "kita kan kerjasama, jadi elu yang ngerjain, gw tinggal nyamain aja". buset kadal burik juga ni bocah.

Baru ngerjain satu soal, agus yang buat jadwal laknat itu langsung nyeletuk, "udah lima menit nih, yuk maen bola..". Gw heran, tapi pada setuju. Sakarepmu wae lagi lah.

Satu jam setengah kita habiskan dengan indah buat main bola, tanpa mikir kalo pe-er baru satu nomer, itu juga salah. Olahraga ini gak bisa dipisahkan dari tim delapan, dimana ada lapangan, disitu kita bersarang. Dan dimana ada sarang, si agus nelor. Di lapangan, semua baru deh pasang muka serius (kampret !). Bahkan hariyadi yang dikenal kalem, kalo udah dilapangan, kaki segede apa juga dihajar tanpa pandang betis. dan rasanya mirip digigit makibau. Begitu pengakuan seorang korban kebiadaban kaki hariyadi. Padahal, kita main sepak bola, bukan sepak kaki.

Matahari udah mau deket ubun2. Bodong kita pun udah mulai melar. Kita selesai main, capek, dan langsung menuju pemandian anak bebek di rumah gw. Mandinya  ganti2an loh (ya iyalah, emang kita maho). ada yang mandi dengan kecepatan dewa, ada yang mandi nyanyi2, dan ada yang tidur. Alhasil, jam 11.30 kita baru mau berangkat.

For your info, kita berangkat jam segitu bukan karena kita rajin, di SD tempat kita belajar, ada mainan Game Boy nintendo yang suka disewain abang2, nah kita semua selalu berlomba2 buat rekor mainin supermario ampe tamat dalam waktu 1 jam. karena itulah kitapun berangkat dengan nafsu tersebut. Gak ada yang peduli pe-er udah selesai apa belom.

Ada yang menarik, guru kita (tercinta) selalu ngasih hukuman lari 20x puterin lapangan kalo gak ngerjain Pe-er. itulah akhirnya gw paham, kenapa si agus nulis olahraga pagi di jadwal belajar. Ternyata ini alesannya, latihan kalo nanti kena setrap lari muterin lapangan.

Semua itu kita kerjain dengan rutin kecuali sabtu, sampai kita semua lulus dengan horor. Mereka semua penuh loyalitas dan based on schedule tiap harinya. gak pernah ada yang nolak atau keberatan sama ide yang dibuat bersama-sama.

Hey guys, will you still remember that day ?


1 komentar:

Sepatah kata